Jakarta, kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) adalah lembaga yang proses pengambilan keputusannya melalui pleno, kolektif kolegial. Lewat pleno, keputusan, kebijakan bahkan mandat diberikan baik kepada Ketua dan Anggota KPU untuk menjalankan kebijakan dengan dibantu oleh sekretariat.

Untuk itu, terdapat leader dan manager di KPU. Leader itu ketua dan anggota KPU, sebagai pembuat kebijakan dalam pelaksanaan tahapan pemilu/pemilihan, sedangkan manager berada di sekretaris yang mengelola personel dalam tugas kesekretariatan membantu ketua dan anggota KPU.

"Leader itu harus punya inovasi dan kreasi yang berbeda, bagaimana nilai-nilai penting bisa dibangun di KPU, apa saja yang bisa dilakukan untuk KPU dan pemilu yang lebih baik, itu tugas Ketua dan Anggota KPU. Kemudian tugas manager atau sekretaris untuk menjaga semua itu bisa terlaksana dengan baik," tutur Ketua KPU RI Arief Budiman saat membuka Orientasi Tugas Anggota KPU Gelombang IV Tahun 2019, di Jakarta, Rabu (25/9/2019).

Arief juga mengingatkan leader berbeda dengan chairman, karena leader harus bisa berpikir kreatif, focus on systemfocus on people dan berpikir out of the box. Sedangkan manager itu hanya focus on system sesuai kebijakan Ketua dan Anggota KPU. Selain untuk membuat institusi dan penyelenggaraan pemilu menjadi lebih baik, kreasi dan inovasi tersebut penting juga untuk menjaga kepercayaan masyarakat kepada KPU sebagai penyelenggara pemilu.

Sementara itu, Kepala Biro Sumber Daya Manusia (SDM) KPU RI Lucky Firnandy Majanto  menjelaskan orientasi tugas ini dilaksanakan dengan harapan peserta dapat menambah kompetensi dan profesionalismenya masing-masing. Selain itu, diharapkan juga mempertebal integritas, jujur, adil, menambah pengetahuan dan keahlian guna menunjang penyelenggaraan pemilu dan ketatanegaraan di Indonesia.

"Orientasi tugas ini sempat tertunda 6 bulan, karena KPU kemarin masih fokus penyelenggaraan Pemilu Serentak 2019, sehingga baru kali ini kegiatan dapat dilaksanakan. Mari kita ikuti orientasi tugas dengan baik untuk menambah wawasan dan pengetahuan dalam penyelenggaraan pemilu yang lebih baik," jelas Lucky di depan peserta seluruh Anggota dan Sekretaris KPU dari 30 Kabupaten/Kota dan 2 Anggota KPU PAW dari Pangandaran dan Yalimo. (hupmas kpu ri arf/foto: jap/ed diR)(Sumber:kpu.go.id)

Tag : #