Jakarta, kpu.go.id – Meningkatkan pengawasan dan optimalisasi penggunaan Sistem Informasi Pencalonan (Silon) dan Sistem Informasi Penghitungan (Situng), khususnya oleh para operator di tingkat provinsi/KIP Aceh dan KPU kabupaten/kota, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI meluncurkan satu aplikasi yang mewadahi hal ini yakni Terpantau.

Aplikasi Terpantau juga dapat  digunakan sebagai penyimpan informasi dasar pemantauan serta laporan harian (daily report) yang dapat diolah dan disampaikan secara berkala kepada pimpinan. Aplikasi ini juga dapat dipergunakan memantau para penggunanya. Fitur yang ada didalam aplikasi ini terdiri 4 macam, (untuk Silon) meliputi Input Nama Pasangan Calon, Ceklis Dokumen Calon, Catatan Khusus serta Penarikan Database dan Laporan. Sementara (untuk Situng) meliputi Ceklis Entri dan Pindai, Ceklis Verifikasi dan Publikasi, Catatan Khusus serta Penarikan Database dan Laporan.

Terpantau sendiri sejalan dengan misi KPU dalam meningkatan kualitas penyelenggaraan pemilu yang efektif dan efisien, transparan, akuntabel serta aksesibel. Serta mengoptimalkan pemanfaatan kemajuan teknologi informasi dalam penyelenggaraan pemilu.

Dengan adanya Aplikasi Terpantau, diharapkan dapat mengubah pola pemantauan Silon dan Situng yang berjalan selama ini dimana operator Silon maupun Situng harus menghubungi satu persatu KPU provinsi/KIP Aceh dan KPU kabupaten/kota, sehingga dirasa kurang efektif dan efisien

Diharapkan dengan dengan adanya Aplikasi Terpantau mendorong proses penyediaan informasi penggunaan Silon maupun Situng yang cepat dan akurat serta mendapat gambaran yang aktual terkait identifikasi masalah yang mungkin terjadi pada pelaksanaan tahapan pencalonan dan penghitungan suara. Sehingga juga mendukung dalam pengambilan kebijakan. (info) (Sumber : kpu.go.id)   Tanggal : 26 Sep 2019 03:41:33

 

 

 

 

Tag : #